MELIHAT BUMI KITA DENGAN GOOGLE EARTH



Google memang perusahaan raksassa yang patut diacungi jempol. Hanya dalam beberapa tahun dapat mengalahkan kepopuleran Yahoo, MSN dll. Beberapa produknya juga tak kalah bersaing dengan mereka, termasuk email, apalagi fasilitas mesin pencarinya, sangat bisa diandalkan. Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas satu fitur lagi dari google, yaitu google earth. Memang bagi orang-orang seperti saya, GE hanyalah untuk sekedar fun-fun nan. Tetapi mungkin bagi pihak tertentu, layanan ini bisa dapat sangat bermanfaat.

Google earth merupakan fasilitas dari google yang dapat dimanfaatkan untuk melihat bumi kita. Jadi seolah olah kita dapat melihat tempat-tempat dibumi ini dari atas. Jika anda beruntung, bahkan rumah anda pun dapat kelihatan. Lho mengapa jika beruntung ? karena belum semua tempat di permukaan bumi yang dapat dilihat, hanya tertentu. Yang perlu diingat yaitu google earth bukanlah suatu fasilitas yang menayangkan live keadaan di suatu permukaan bumi. Gambar yang ditampilkan adalah sebuah citra satelit yang telah diambil pada waktu tertentu. Jangan berharap dapat melihat orang bergerak di bawah, he he.

Cara untuk menggunakan fasilitas ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu langsung melakukan pencarian melalui websitanya, yaitu di http://earth.google.com atau mndownloaD programnya dulu, menginstal di komputer, baru melakukan pencarian. Program GE dapat didownload secara gratis di Situs Google Earth.
Bagaimana cara menggunakannya ?

Anda hanya perlu menginstal GE di komputer anda. Caranya instal tau donk. He he. Setelah terinstal, tinggal ketik aja nama daerah kamu tinggal. Kota kabupaten sudah dapat di scan oleh google. Jika masih belum bisa, gunakan kota propinsi, pasti bisa. Nah tinggal gerak-gerakkan layarnya, menuju tempat tinggal anda. Jika kesulitan, cari satu bangunan, atau kenampakan alam yang mudah dilihat sebagai patokan, misalnya sekolahan, lapangan dll.



Share this :

Ahmadplace merupakan blog personal yang kami gunakan untuk menampung ide, pikiran dan pengetahuan kami dalam bentuk tulisan atau artikel. Subscribe ya...

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Teman saya pernah mencoba mencari desa kecil di daerah Banyuwangi via GE. Bisa lho! Jelas banget!! Dia sampai kegirangan. Katanya, ibuku keliatan gak ya? Soalnya, tanah dan rumput dekat rumahnya itu keliatan jelas.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Berlangganan Artikel

Enter Email To Get Latest Update, Then Click Submit

Update will be sent byFeedBurner