MOZILLA FIREFOX DAN INTERNET EXPLORER



Beberapa tahun kemarin, pengguna Internet di dunia diperkenalkan dengan pogram browser baru, yaitu Mozilla Firefox. Program ini begitu cepatnya menyebar, khususnya di Indonesia. Awal saya menggunakan browser ini pada saat ke warnet yang menggunakan Linux sebagai OS nya. Maklum, pada saat itu sedang gencar-gencarnya operasi penggunaan Windows bajakan, sehingga banyak warnet yang beralih ke OS opensource seperti Linux. Dalam paket linux, sebagai browsernya telah disediakan Mozilla Forefox. Selain itu ternyata pihak Google sendiri juga gencar memasarkan Browser ini. Setahu saya, publiser Google adsense juga akan mendapat komisi, jika dapat merefrensikan seseorang yang mendownload program Mozilla Forefox. Nah begitulah kira-kira perjalanan singkat Mozilla di Indonesia khususnya. Sampai akhirnya, saat ini sudah jarang orang yang menggunakan Internet Explorer, yang merupakan keluaran perusahaan raksasa Microsoft.

Kelebihan Mozilla Forefox

Terlepas dari cara apa yuang digunakan untuk mempopulerkan program ini, nyatanya Mozilla banyak digunakan oleh masyarakat. Berarti memang Mozilla memiliki kelebihan yang tidak dapat ditemui di IE.
Beberapa kelebihan ME yaitu :

1.Lebih aman
Banyak yang menilai bahwa menggunakan Mozilla lebih aman. Bagi msyarakat awam seperti saya mungkin tidak banyak tahu mengenai letak keamanan Mozilla. Tetapi yang jelas, jika menggunakan Browser ini, selalu akan muncul peringatan jika membuka website yang memerlukan password. MF akan meminta konfirmasi apakah ingin menyimpannya atau tidak. MF juga dapat memblock pop up window, sehingga dalam bersurfing kita akan lebih nyaman.

2.Multiple windows
Fasilitas ini merupakan fasilitas favorit saya yang tidak ada di IE. Ketika kita menggunakan MF, kita dapat membuka link halaman tertentu dengan mengklik kanan link, pilih open in new tab. Maka halaman bari tersebut akan muncul pada tab baru, bukan windows baru. Penggantian tab dapat dilakukan pada bagian atas window. Fitur ini tidak ada dalam IE. Di IE yang ada hanya open in new window, sehingga jika kita membuka banyak link halaman, akan susah dalam mengaturnya karena akan terlalu penuh.
3.Dapat membuka file halaman yang besar

Jika kita membuka suatu halaman yang banyak disertai gambar, maka otomatis file yang ditransfer juga akan berat. Hal itu tidak akan masalah jika menggunakan MF, yang biasanya tidak akan error, kecuali kalau memang koneksinya yang lagi error.
4.Manajemen Download

Fitur ini juga sangat menarik, karena sangat bermanfaat. Jika kita mendownload 4 file sekaligus, maka proses transfer data tidak akn ditampilkan dalam 4 windows baru, tetapi hanya 1 windows. Sedangkan masing-masing prosesnya akan ditampilkan berurutan dari atas kebawah. Selain itu proses download dapat kita atur, dapat kita pause atau kita cancel.



Share this :

Ahmadplace merupakan blog personal yang kami gunakan untuk menampung ide, pikiran dan pengetahuan kami dalam bentuk tulisan atau artikel. Subscribe ya...

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Firefox memang is the best deh.... :)

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Berlangganan Artikel

Enter Email To Get Latest Update, Then Click Submit

Update will be sent byFeedBurner