Peringatan 1 Sura di Keraton Surakarta



Pada hari Senin, 29 Desember 2008 umat Islam merayakan Tahun baru Hijriyah 1430. Tahun baru Hijriyah yang dikenal orang Islam, juga dikenal oleh orang jawa dengan Tahun baru Jawa atau lebih familiar dengan malam 1 Sura. Malam 1 Sura merupakan malam yang dianggap istimewa bagi banyak kalangan orang jawa, oleh karena itu banyak yang melakukan ritual tertentu, dari mulai ritual lek-lekan (semalam tidak tidur) maupun ritual 2x lainnya. Nilai yang terkandung dari ritual ini sebenarnya pada malam tahun baru tersebut orang Jawa diharapkan dapat bertirakat, sehingga dapat merenungi apa yang telah diperbuat selama satu tahun yang telah lalu, serta apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi satu tahun yang akan datang.

Di kota Solo (Surakarta, red), perayaan malam pergantian tahun 1 Sura dirayakan dengan cara yang cukup unik. Acara ini merupakan peninggalan dari keraton Solo yang telah dilaksanakan sejak waktu yang lama (konon sejak tahun 1633 pada zaman Mataram Sultan Agung) meskipun cara yang dilakukan berbeda-beda. Pada malam 1 Sura, Keraton Solo menyelenggarakan acara kirab pusaka, yaitu acara mengarak senjata-senjata keramat keraton yang dimulai sejak pukul 24.00 WIB. Rombongam kirab dimulai dengan adanya Kerbau Bule, yang bernama Kiai Slamet. Bagi orang Solo, Kiai Slamet seolah memiliki kekuatan tersendiri. Sehingga banyak yang percaya jika pada malam 1 Sura tersebut mereka mendapatkan segala sesuatu tentang Kiai Slamet, maka akan mendapat berkah. Hal itu bisa apa saja, baik itu air sisa minum Kiai Slamet, bekas makanan Kiai Slamet, atau bahkan kotoran Kiai Slamet.

Terlepas benar tidaknya apa yang dipercayai oleh orang Solo tersebut, acara kirap pusaka merupakan acara peninggalan leluhur kita. Sudah selayaknya kita patut menghormati dan menjaga kelestariannya.



Share this :

Ahmadplace merupakan blog personal yang kami gunakan untuk menampung ide, pikiran dan pengetahuan kami dalam bentuk tulisan atau artikel. Subscribe ya...

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

Selamat tahun baru Islam dan tahun baru 2009 ya :) Salam mampir dari Lampung

Balas
avatar

Happy New Year ya :D Met Tahun baru Islam juga :D

Balas
avatar

serta apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi satu tahun yang akan datang.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Berlangganan Artikel

Enter Email To Get Latest Update, Then Click Submit

Update will be sent byFeedBurner