SEARCH ENGINE DAN DIRECTORY



Di Internet, kata search engine merupakan sesuatu yang sangat penting. Hampir setiap kali kita mengakses internet, kita selalu menggunakan jasa search engine. Namun bagaimana dengan directory ? apakah sebenarnya directory tersebut ? Mengapa pembahasannya bersama search engine ?

Search engine dan directory memiliki persamaan, yaitu samasama menyediakan fasilitas untuk menemukan situs tertentu berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh kita. Namun ternyata, cara kerja keduanya ternyata berbeda. Jika search engine bekerja dengan menggunakan spider, namun directory bekerja secara manual dengan bantuan manusia. Jadi pada saat seseorang mendaftarkan situsnya ke search engine, maka spider akan bekerja menganalisa situs tersebut apakah layak untuk dimasukkan ke dalam database. Jika layak, maka otomatis website tersebut akan masuk dalam daftar dan langsung akan diranking. pada situs directory, penentuan masuk-tidaknya suatu situs pada database, dilakukan oleh manusia. Dengan keadaan tersebut, maka tidak heran jika search engine memiliki database yang lebih banyak daripada directory.
Situs search engine yang paling terkenal yaitu Google. Sedangkan directory yang paling terkenal yaitu lycos, msn, dll. Sedangkan yahoo menggunakan dua sistem tersebut, meskipun pada kenyataannya cara manual yang lebih dominan. Hal itu dapat dilihat dengan adanya pnawaran dari yahoo yang bersedia mengindex suatu situs dalam waktu singkat jika telah membayar sejumlah uang. Harga yang dipatok yahoo yaitu US$299. dengan jumlah uang tersebut, yahoo menggaransi bahwa situs yang kita daftarkan akan langsung diindex, maksimal dalam waktu 7 hari.

Dengan adanya dua cara pengindex-an tersebut, tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Pada search engine, situs yang kita daftarkan akan lebih cepat diterima daripada mendaftar di directory. Hal itu karena semua dilakukan dengan “mesin”. Bagi kita yang ingin mendaftarkan situs kita ataupun blog, maka dengan adanya search engine terutama google akan sangat membantu, selain cepat dapat diindex, gratis lagi he he. Jika kita melakukan pencarian situs dengn search engine tentunya hasil yang ditampilkan akan lebih banyak. Pada sistem directory, jika kita ingin mendaftarkan situs kita, maka harus terus bersabar, karena biasnya hasilnya akan lama, dan belum tentu akan diterima. Jika kita sangat ingin situs kita terdaftar di yahoo dengan cepat, maka tidak ada pilihan lain selain membayar kepada yahoo. Itupun untuk anda-anda yang punya uang. . .

Dengan melihat fenomena tersebut, maka jika kita ingin mengenalkan blog atau situs kita kepada khalayak ramai, kita harus mendaftarkan situs kita pada search engine maupun directory. Meskipun nantinya akan dapat terindex dalam waktu lama, gak apa-apa harus sabar. Tetapi biasanya di situs google, tidak sampai 1 minggu biasanya situs kita sudah terdaftar. Jika di yahoo, biasanya dalam waktu lama, bahkan dalam 1 bulan pun belum tentu.



Share this :

Ahmadplace merupakan blog personal yang kami gunakan untuk menampung ide, pikiran dan pengetahuan kami dalam bentuk tulisan atau artikel. Subscribe ya...

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

daftar di direktory ada syarat2 nya gak bos

Balas
avatar

I have used a couple of link directory submitters, but they have not ... Ive found that the best link directory and comment submitter to use

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Berlangganan Artikel

Enter Email To Get Latest Update, Then Click Submit

Update will be sent byFeedBurner